Selasa, 30 Desember 2014

Cara Mencetak Daftar Nama File & Folder Kedalam Teks

Aplikasi apa yang digunakan untuk melakukannya?

Kita tidak perlu mendownload aplikasi lagi, karena yang akan kita gunakan adalah aplikasi CMD yang pasti ada didalam setiap windows. Meskipun anda tidak tau perintah-perintah dalam CMD, anda bisa melakukannya hanya dengan mengikuti caranya.

Caranya? Mari kita mulai.

Pertama-tama kita akan mencetak daftar lagu yang saya miliki  kita, kita harus tau dulu dimana letak folder yang berisi lagu tersebut. Lagu saya  terletak di Local Disk E: >> MUSIK, artinya lagu berada dalam folder MUSIK yang ada dalam Local Disk E:, jika file anda terletak di desktop atau di my document, itu berarti file anda berada dalam Local Disk C:, sebaiknya pindahkan ke Local Disk D: atau Local Disk E: agar mudah mencari lokasi folder (Tergantung Local Disk di komputer anda).
mencetak nama file dalam teks

Lalu buka aplikasi CMD, caranya?  Tekan tombol Windows+R dan akan muncul jendela Run, lalu ketikan CMD dan enter, maka akan terbuka aplikasi CMD. Disini kita akan menggunakan perintah CD artinya masuk ke folder, DIR artinya melihat isi folder.
mencetak nama file dalam teks
Masuk ke localdisk E: dengan mengetikkan “E:” dan enter. Lalu masuk ke folder MUSIK dengan perintah “CD MUSIK” (ingat tanpa tanda kutip), setelah masuk kedalam folder tujuan, ketikkan salah satu dari perintah berikut ini
mencetak nama file dalam teks
  1. Dir> daftarlagu.txt, perintah ini akan mencetak nama file, beserta semua informasi file seperti tanggal, ukuran dan lain-lain kedalam sebuah teks bernama “daftarlagu”, setelah memasukkan perintah tersebut, coba lihat folder tersebut akan muncul file bernama daftarlagu yang berisi data yang kita cetak.
  2. Dir / b> daftarlagu.txt, sama seperti sebelum nya, hanya saja perintah ini akan mencetak nama file nya saja tanpa detail tentang  file tersebut.
  3. Dir / s / b> daftarlagu.txt, sama juga seperti sebelumnya, perintah ini digunakan untuk mencetak nama file dalam suatu folder beserta isi dari folder dalam folder tersebut.
Anda harus masuk kedalam folder tempat file yang akan di ambil namanya ,meskipun trik ini sangat sederhana, tetapi akan sangat rugi jika suatu saat nanti anda membutuhkannya dan anda tidak mengetahui caranya, akan memakan waktu yang lama untuk membuat daftar nama file tanpa cara ini :).

OK SEKIAN CARA MENCETAK DAFTAR NAMA FILE & FOLDER KEDALAM TEKS
SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar